PENJELASAN TENTANG AYAT KURSI

AYAT KURSI

ALLAAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUUM, LAA TA’KHUDZUHUU SINATUN WALAA NAUUM, LAHUUMAA FIS SAMAAWATI WAMAA FIL ARDLI MAN DZALLADZII YASYFA’U INDAHUU ILLABIIDZNIH YA’LAMU MAA BAAINA AIDIIHIM WAMAA KHALFAHUM WALAA YUHII THUUNA BI SYAI’IN ‘LMIHII ILLA BIMAASYA WASI’A KURSIY YUHUS SAMAA WAL ‘ARDLI WALAA YA UUDUHUU KHIFDLUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL ‘ADHIIM.

Artinya:
Allah, tidak ada yang benar disembah hanya Dia yang Hidup dan Maha Kuasa, tidak pernah ditimpa mengantuk dan tidak pernah tidur, bagiNya sesuatu yang ada dilangit dan yang ada dibumi, tidak ada yang bisa memberi syafaat kecuali dengan izin-Nya, Ia Maha Mengetahui segala apa yang terjadi dihadapan mereka dan dibelakan mereka. Tidaklah mereka meliputi ilmunya sedikit juga kecuali yang dikehendakiNya. Lebih luas kursiNya dari seluruh langit dan bumi. Tidaklah susah bagiNya memelihara keduanya. Ia Maha Tinggi dan Maha Besar.

Penjelasan Tentang Ayat Kursi
Ayat Kursi diturunkan pada suatu malam setelah hijrah. Menurut riwayat, ketika ayat Kursi diturunkan disertai dengan beribu-ribu malaikat sebagai pengantarnya, karena kebesaran dan kemuliaannya. Syaitan dan iblis menjadi gempar karena adanya suatu alamat yang menjadi perintang dalam perjuangannya. Rasulullah s.a.w. segera memerintahkan kepada penulis al Qur’an, yaitu Zaid bin Tsabit agar segera menulisnya dan menyebarkannya.

Ada terdapat sembilanpuluh lima (95) buah hadits yang menjelaskan fadlilah (manfaat) ayat Kursi. Sebabnya disebut ayat ini dengan ayat Kursi, karena didalamnya terdapat perkataan Kursi, artinya tempat duduk yang megah lagi yang mempunyai martabat. Dan bukan yang dimaksud dengan kursi ini tempat duduk Tuhan, melainkan kursi itu adalah syiar atas kebesaran Tuhan.

Tuhan jadikan kursi meliputi tujuh lapis langit dan bumi, kebesaran tujuh lapis langit dan bumi jika dibandingkan dengan kebesaran Kursi adalah seumpama serumpun pohon ditengah padang pasir yang luas. Disamping kanan dan kiri pada Kursi yang megah itu dijadikan pula beribu-ribu kursi yang kecil untuk menambah keindahan dan kemegahannya, duduk pada tiap-tiap kursi itu malaikat yang membaca ayat Kursi dan malaikat yang menulis pahala orang yang membaca ayat Kursi itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s