Puri Maerokoco (Grand Maerakaca) Taman Mini Jawa Tengah (TMJT), Memori Januari 2011

Puri Maerokoco yang kelak berubah menjadi Grand Maerakaca, merupakan Taman Mini Jawa Tengah (TMJT). Keberadaan TMJT sepertinya mengikuti keberadaan TMII (Taman Mini Indonesia Indah).

Mungkin satu-satunya Provinsi di Indonesia yang memiliki Taman Mini hanya ada di Jawa Tengah, yang dikenal juga Puri Maerokoco yang letaknya didekat Puri Anjarmoro.

Puri merupakan istilah yang berasal dari bahasa sanskerta atau kastel dalam bahasa Belanda yang adalah benteng yang dibangun oleh bangsawan, raja, atau tarekat militer sebagai tempat tinggal pribadi. (Wikipedia).

Di Semarang setidaknya ada dua Puri yang terkenal dan beberapa Puri yang lainnya, yaitu Puri Gedeh dan Puri Wedari.

Puri Gedeh

Puri Gedeh yaitu rumah dinas tinggal Gubernur Jawa Tengah, yang letaknya di Jl Gubernur Budiyono (eks Jl Puri Gedeh), Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Didekatnya ada Taman Gajahmungkur.

Puri Wedari

Puri Wedari terletak di Jl Diponegoro, bundaran Taman Diponegoro, dekat RS Elisabeth Semarang, merupakan rumah dinas tinggal dari Pangdam IV Diponegoro, Kelurahan Tegalasari, Kecamatan Candisari Kota Semarang.

Ini yang baru (tadinya) Puri Wedari didepannya dekat rumah dinas Kapolda Jawa Tengah. Kalau boleh dikatakan tukar tempat dengan rumah dinas Kasdam IV Diponegoro.

Puri Maerakaca (Grand Maerakaca)

Nama Puri Maerakaca (Maerokoco) diubah menjadi Grand Maerakaca, dari sudut pandang penamaan memang tepat, karena kenyataannya Puri Maerakaca ini tidak menjadi tempat tinggal. Maka tetaplah Taman Mini Jawa Tengah Maeraokoco.

Anjungan Kota dan Kabupaten

Maerakaca menggambarkan keadaan kota dan kabupaten di Jawa Tengah, sehingga ditempat ini tergambarkan seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Tengah.

Dari sekilas mengamatan kami, pengelolaan tempat ini dilakukan oleh masing-masing daerah yang terwakili, terutama saat even-even penting seperti Jateng Fair dan sebagainya.

Salah satu anjungan di Puri Maerakaca Taman Mini Jawa Tengah, di Puri Anjasmoro Semarang Barat
Anjungan Kabupaten Demak, Bedug Masjid Demak, Puri Maerakaca, TMJT, 2011

Setelah berkeliling ditiap-tiap anjungan kabupaten atau kota, dibeberapa sudut ada penjual sovenir dan makanan, minuman.

Anjungan Kabupaten Kudus, Menara Kudus, Puri Maerakaca, TMJT, 2011

Kunjungan ke Kabupaten Sragen dilakukan paling akhir, sedangkan tempat ini berada disisi timur.

Anjungan Kabupaten Sragen, Maerakaca, TMJT

Waktu Kunjungan

Waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi Maerokoco sekitar 2 jam atau 120 menit, bahkan lebih. Saat kami berkunjung, memakan waktu hingga 2,5 jam.

Waktu tersebut digunakan untuk mengelilingi seluruh lokasi. Saat kami dilokasi 13.50 hingga 16.15, ketika akan berakhir suasana sudah mulai tutup.

Salam

Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s