Keliling Pantai Parang Tritis Bantul Yogyakarta dengan Delman – Dokar

Saat di pantai Parangtritis kita bisa keliling pantai dengan naik delman pantai atau ATR maupun Jeep

Selain bermain air tentu ingin mencoba sensasi tersendiri dengan naik delman mengelilingi pantai Parangtritis gugusan Pantai Selatan Pulai Jawa itu.

Masyarakat Jawa memang sudah terbiasa menyebut pantai dibelahan selatan Pulau Jawa dengan menyebutnya Pantai Selatan, bahkan mitos Jawa juga sangat kental dengan Ratu Pantai Selatan yang sering juga ia menyebutnya Nyi Roro Kidul. Pantai Selatan itu merupakan Samudera Hindia atau Samudera Indonesia, dan kebalikan pantai selatan adalah Pantai Utara, tetapi untuk pantai utara tidak terlalu terkenal kecuali sebutan jalan raya pantai utara atau yang sering disebut dengan Pantura (Pantai Utara).

Traveling kali ini ke Pantai Parangtritis bersama guru-guru TPQ Se-Kecamatan Candisari, tidak semua ikut karena memang pesertanya dibatasi hanya 150 kursi saja.

Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta, istri saya dan temannya

Untuk masuk menuju Pantai Parangtritis ada dua jalan yaitu jalan lama yang terkenal dengan sebutan Pantai Parangtritis kemudian yang kedua adalah Pantai Parangtritis Baru, ada penunjuknya disana, lalu bedanya ada, untuk perbedaan tidak ada karena semua mengarah ke Parangtritis tetapi sebelah barat dan sebelah timur.

Pembeda yang paling nampak adalah adanya Masjid dan Gardu Pandang, dan untuk pasar penjual cindera mata ramai yang di pintu lama.

Keliling pantai dengan menyewa delman atau dokar juga tersedia di dua pintu, dengan variasi harga yang berbeda. Jalan-jalan antar pintu PP dikenai biaya Rp 30.000,-, dari pintu baru hingga ujung PP dikenai biaya Rp 50.000,- dan jalan-jalan mulai pintu ke ujung timur ke ujung barat kembali ke pintu harganya Rp 100.000,-

Jika ingin benar-benar menikmati suasana pantai sebaiknya mengambil yang paket 100 ribu, saya juga mengambil paket ini, termasuk teman yang lainnya, jika kita ingin turun untuk mengambil gambar diperbolehkan oleh sang kusir. Kusir adalah pengendali delman atau dokar, juga andong. Kalau pesawat udara namanya Pilot, kalau mobil namanya Sopir atau driver.

Pak Slamet Riyadi dan istrinya (Isroiyah) di Pantai Parangtritis, dengan paket full

Waktu yang disediakan di pantai minimal dua jam, untuk benar-benar membuat rileks dan santai, bila perlu bermain ombak pantai sambil berendam, tetapi jangan lupa lotion jika kita mengambil waktu siang hari, untuk menghindari sengatan matahari.

Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta pintu baru 2019

Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s