Keindahan Grojogan Sewu di Tawangmangu Tak Diragukan Lagi

Keindahan adalah anugerah Allah SWT oleh karenanya bersyukur atas anugerah itu.

Perjalanan ini menggunakan angkutan bus umum (08/5/1989) berangkat pagi sekitar pukul 06.00 dari Boyolali, kemudian kembali pukul 16.30 sd 22.00.

Perjalanan ini dilaksanakan pada lebaran #2, pada tanggal 8 Mei 1989, bersama-sama keluarga ke Grojogan Sewu di Kec. Tawangmangu Kab. Karanganyar.

Grojogan Sewu

Grojogan, sama dengan air terjun atau beberapa daerah menyebutnya curug. Di Kendal juga ada Curug Sewu, jadi kalau Curug Sewu ada di Kendal kalau Grojogan Sewu ada di Karanganyar. Sewu itu bahasa Jawa yang berarti seribu (1000).

Dikabarkan ketinggian air terjun ini setinggi 81 m (266 ft) . Mungkin karena ketinggian air terjun ini sehingga disebutnya sewu, atau konon tingginya mencapai 1000 pecak dimana 1 pecak sama dengan panjang telapak kaki orang dewasa.

Sudah banyak yang kenal atau tahu tentang Grojogan Sewu di Tawangmangu tersebut. Daerahnya yang berada di dataran tinggi menyebabkan wilayah ini terkenal dengan kesejukan.

Hutan Grojogan Sewu ini cukup luas sekitar 20 ha, sehingga beberapa fasilitas wisata tersedia dini.

Grojogan Sewu, Tawangmangu Karanganyar

Satu Jalan dengan Tangga

Dahulu tempat ini hanya ada 1 jalan masuk dan keluar, tetapi jalan itu dibagi antara yang masuk dan yang keluar saat dipintu gerbang, namun jalan dengan undak-undaan atau tangga ini diarea selain pintu masuk juga hanya satu tapi lebar.

Kondisi sekarang mungkin sudah berbeda, karena saat terakhir saya berkunjung tidak melalui jalan bertangga, tetapi melalui pintu bawah yang cenderung datar.

Sisi kiri kanan banyak kera-kera yang kadang jahil, pengunjung harap hati-hati.

Sate Kelinci dan Kupat Sayur

Sate kelinci mudah sekali didapatkan ditempat ini, juga kupat sayur. Sebaiknya bila berkunjung ke tempat ini mencicipi makanan khas ini.

Berangkat Pagi Pulang Larut

Beginilah naik angkutan umum, jadi menyediakan waktu yang agak sedikit longgar, karena perkiraan waktu sekitar. Kami rombongan berangkat selepas Subuh karena perjalanan.

Kamera Klis/Film

Untuk pengambilan gambar menggunakan kamera yang ada klis atau film-nya saat itu belum punya kamera digital, atau semua kamera menggunakan film.

Foto-fotonya kalau ketemu nanti saya repro-nya.

Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s